»
Anda Sedang Membaca...
Artikel, Berita

Operator Seluler Tidak Cocok Gelar Internet “Unlimited”

bolt

Chief Executive Officer PT Internux (Bolt) Dicky Moechtar menegaskan paket unlimited lebih cocok diberikan oleh operator yang menyediakan internet melalui kabel fiber optik (FO), seperti Telkom Indihome dan FirstMedia.

Operator seluler (wireless) tidak bisa menerapkannya karena keterbatasan alokasi frekuensi, yang juga berdampak pada terbatasnya kapasitas bandwidth mereka. Misalnya alokasi 15 MHz berarti kapasitas yang disediakan hanya sampai 150 Mbps.

Dengan keterbatasan tersebut, jika orang-orang yang mengaksesnya mengambil banyak jatah bandwith maka kecepatan koneksi bisa melambat atau tidak sesuai yang dijanjikan.

Sedangkan operator yang menyediakan internet menggunakan FO, punya kapasitas jauh lebih besar, hingga 1000-an Mbps. Ibarat sebuah jalan raya, kapasitas tersebut berarti orang bisa melewatinya dengan sangat leluasa karena memang ukurannya besar.

“Kalau unlimited yang paling bisa ya kabel, karena mereka jalannya lebar bisa sampai 1000-an MB juga. Ya kalau di grup kami ada FirstMedia, FastNet yang bisa unlimited,” terang Dicky saat ditemui KompasTekno di sela-sela acara media gathering di Jakarta, Rabu (3/2/2016).

“Sedangkan wireless, sepreti Bolt, tidak mungkin benar-benar unlimited karena keterbatasan alokasi frekuensi. Kalau ada operator wireless yang unlimited pun pasti ada tanda bintangnya, seperti fair usage policy setelah mencapai kuota tertentu,” imbuhnya.

Sebelumnya, Dicky berencana meracik formula kuota yang pas untuk ditawarkan kepada pengguna yang banyak mengonsumsi data, baik untuk streaming video atau kegiatan sejenis.

Namun dia mengaku ini belum jadi prioritas tahun ini karena perusahaan masih menarget pertumbuhan jumlah pelanggan.

Sebagai gantinya, mereka menawarkan kuota lebih besar khusus pengguna yang pacsca bayar dengan harga yang lebih murah dibandingkan pra bayar.

Source : tekno.kompas.com

Advertisements

About Guru Komputer

Partnering with you for a better world of work

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

facebook twitter google plus

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 1,354 other followers

%d bloggers like this: