»
Anda Sedang Membaca...
Artikel

iOS 8 vs Android Lollipop, Mana Lebih Unggul

android

 

Apple dan Google masih terus bersaing ketat di ranah sistem operasi mobile dengan Android dan iOS. Kedua perusahaan itu belum lama ini meluncurkan versi termutakhir dari masing-masing sistem operasi yang dimilikinya.

Google baru meluncurkan Android 5.0 Lollipop dan Apple meluncurkan iOS 8 bersamaan dengan iPhone 6 beberapa waktu lalu. Sebuah rangkaian ujicoba pun dilakukan untuk mengetahui mana yang lebih kuat di antara kedua versi baru sistem operasi populer itu.

Ujicoba tersebut dilakukan untuk mengetahui performa smartphone terhadap aplikasi. Keduanya diuji untuk melihat mana sistem operasi yang memiliki performa kuat dan kerap menjadi biang keladi dari crash pada aplikasi yang sedang dijalankan di dalamnya.

Laman ZDNet mengungkap hasil ujicoba Android Lollipop dan iOS 8 yang dilakukan oleh Cirttericsm. Mereka ingin menjajal dan mengukur performa yang ada smartphone berdasarkan sistem operasi yang dipakai di dalamnya.

Berdasarkan hasil pengujian itu iOS 8 disebutkan lebih sering mengalami crash, sedangkan Android Lollipop diklaim lebih stabil sebesar 0,2% dengan persentase crash rate 2,0% dibandingkan dengan iOS 8 yang memiliki crash rate sebesar 2,2%.

Ketika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, iOS 8 ditemukan lebih sering crash daripada yang pada perangkat yang memakai iOS 7. Versi iOS terdahulu tersebut hanya memiliki persentase crash rate sebesar 1,9%.
Ternyata kestabilan Android Lollipop memiliki persentase crash rate yang terendah di antara platform Android lainnya, dimana OS terbaru ini crash rate-nya 2,0% , sedangkan Android KitKat 2,6 % dan Ice Cream Sandwich 2,6%.

Google memang telah berhasil mengungguli kemampuan yang dimiliki Apple di sisi sistem operasi. Namun, untuk urusan popularitas di pasaran produk bertenaga iOS 8 besutan Apple masih lebih menarik bagi pasar ketimbang Android Lollipop.

Source : http://www.tekno.liputan6.com

Advertisements

About Guru Komputer

Partnering with you for a better world of work

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

facebook twitter google plus

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 1,354 other followers

%d bloggers like this: