»
Anda Sedang Membaca...
Artikel, Berita

Google Janjikan Android M Makin Efisien

android

 

Sistem operasi terbaru Android terbaru telah resmi diperkenalkan oleh Google dalam konferensi pengembang tahunan Google I/O. Dalam perkenalannya, perusahaan internet dunia itu lebih fokus mengulas soal beberapa fitur baru, sayangnya Google belum mengungkap kepanjangan dari nama Android M.

Sebelumnya, nama Android M dikaitkan dengan nama Marsmallow, Macadamia Nut Cookie, dan ada yang memprediksi Maple Walnut. Tapi, Google belum mengungkap nama tersebut.

Dikutip dari The Verge, Jumat 28 Mei 2015, Google mengumumkan kehadiran Android M akan muncul pada akhir tahun ini. Pada konferensi tersebut, Wakil Presiden Senior Google, Sunday Pichai menyebutkan, perusahaan ‘akan kembali ke dasar’ dan meningkatkan kualitas platform mobile tersebut.

Disebutkan, dibanding pada Android Lollipop yang memperkenalkan desain dan antarmuka baru, Android M, kemungkinan fokus pada peningkatan stabilitas dan penggunaan sistem operasi tersebut.

Vice President Engineering Google, Dave Burke mengatakan, salah satu bagian besar dari Android M yaitu desain ulang sistem aplikasi perizinan. Pada sistem operasi terbaru ini, pengguna bisa mudah untuk menyetujui atau menolak izin keamanan, misalnya pada akses kamera atau lokasi.

Disebutkan, hanya ada delapan kategori aplikasi perizinan yang tersedia. Hal ini berbeda dengan Android Lollipop yang meminta pengguna menyetujui semua izin sekaligus saat aplikasi diinstal.

Pada pengumuman Android M, Google juga menyampaikan pembenahan pengalaman browsing web dengan browser Chrome.

Melalui fitur Chrome Custom Tabs, memungkinkan pengembang memasukkan webview langsung dalam aplikasi mereka. Hal ini memberi kekuatan penuh Chrome tanpa harus memaksa pengguna untuk beralih aplikasi.

Fitur terbaru yaitu yang diperkenalkan yaitu kemudahan akses dalam sistem tautan aplikasi. Jadi, ini memungkinkan pengguna untuk secara langsung mengarahkan pengguna pada aplikasi yang dimaksud, tanpa perlu menanyakan kepada pengguna.

Misalnya, jika pengguna mengklik tautan Twitter pada email, aplikasi Twitter akan terbuka secara langsung tanpa perlu menanyakan pengguna, apakah ingin atau tidak menggunakan aplikasi yang dimaksud.

Sebagai upaya membuat daya tahan baterai lebih efisien, Google mengumumkan fitur baru yang dinamakan Doze. Dengan fitur itu, Android M menggunakan deteksi gerakan untuk mengelola kekuatan daya baterai pengguna. Google menyebutkan aplikasi ini adalah “penyegar aplikasi” bagi daya tahan baterai.

Jika perangkat pengguna tak bergerak dalam beberapa waktu, aplikasi akan terputus. Namun, sistem operasi akan tetap menghidupkan alarm dan pesan yang penting yang telah diizinkan.

Google mengatakan, skema ini akan melipatgandakan masa hidup baterai perangkat secara lebih baik.

Android M juga disebutkan mendukung USB Type-C yang mana memungkinkan pengisian daya menjadi lebih cepat dari versi USB sebelumnya. Saat ini, Google hanya merilis Android M secara terbatas yaitu untuk kalangan pengembang, Android M Developer Preview. (art)

Sumber: teknologi.news.viva.co.id

Advertisements

About Guru Komputer

Partnering with you for a better world of work

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

facebook twitter google plus

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 1,354 other followers

%d bloggers like this: