»
Anda Sedang Membaca...
Artikel, Berita

Penggunaan ponsel bisa menyebabkan 8 kerusakan kesehatan ini

Teknologi dan gadget menjadi hal yang tidak mudah untuk dipisahkan dari hidup Anda saat ini. Hampir 24 jam Anda bersentuhan langsung dengan teknologi yang tanpa Anda sadari bisa memberikan dampak negatif untuk kesehatan terutama karena radiasi ponsel yang selalu Anda bawa kemana-mana.Berikut adalah kerusakan kesehatan yang bisa disebabkan oleh penggunaan ponsel seperti dilansir dari healthmeup.com.

Ilustrasi menggunakan ponsel. Shutterstock/PureSolution

Ilustrasi menggunakan ponsel. Shutterstock/PureSolution

Stres
Sering merasa stres tanpa tahu penyebabnya? Para ahli telah menemukan bahwa penggunaan ponsel bisa menyebabkan stres tanpa Anda sadari. Sebab ketika bersentuhan dengan dengan ponsel, otomatis Anda akan terlibat dalam jejaring sosial yang tidak mengijinkan Anda untuk beristirahat.

Jerawat
Ponsel Anda selalu tertutup bakteri yang dapat menyebabkan jerawat ketika Anda menempelkannya pada wajah ketika Anda sedang bertelepon. Gunakan speakerphone atau headset ketika Anda sedang terlibat dalam percakapan ponsel yang panjang.

Kerusakan organ tubuh
Radiasi yang dipancarkan oleh ponsel mampu merusak sel dan organ tubuh Anda. Sehingga matikan ponsel Anda ketika Anda sedang tidur untuk meminimalkan efek buruk tersebut.

Kecelakaan
Terkadang walaupun sedang berjalan atau bahkan menyetir, Anda sama sekali tidak bisa melepaskan diri dari ponsel. Perilaku ini mampu mengurangi kemampuan Anda untuk fokus. Oleh karena itu jangan pernah menggunakan ponsel saat menyetir atau sedang berjalan.

Sakit punggung dan leher
Menggunakan ponsel dengan sikap duduk yang tidak baik bisa menyebabkan kekakuan pada leher dan punggung Anda. Sehingga Anda pun tidak dapat terhindarkan dari rasa sakit tersebut.

Mengurangi jumlah sperma
Radiasi dari ponsel serta panasnya suhu ponsel bisa mengganggu kesehatan reproduksi Anda dan pada akhirnya merusak produksi sperma.

Sakit kepala
Menatap ponsel terlalu lama dapat menyebabkan ketegangan mata yang bisa mengaburkan pandangan Anda dan menyebabkan migrain.

Sulit tidur
Melatonin adalah hormon yang dapat membuat Anda untuk tidur. Hormon ini dapat terganggu karena radiasi sinar ponsel. Oleh karena itu selalu matikan ponsel Anda saat tidur.

Teknologi diciptakan untuk memudahkan Anda dalam beraktivitas bukan untuk mendominasi hidup Anda. Oleh karena itu bijaklah dalam menggunakan ponsel Anda.

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : http://www.merdeka.com/sehat/penggunaan-ponsel-bisa-menyebabkan-8-kerusakan-kesehatan-ini
Advertisements

About Guru Komputer

Partnering with you for a better world of work

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

facebook twitter google plus

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 1,354 other followers

%d bloggers like this: