»
Anda Sedang Membaca...
Artikel, Berita

Waspada, Pengisi Daya iPhone Palsu Bikin Tewas Pengguna

Apple tengah menjadi bintang mengingat baru saja meluncurkan iPhone 6, yang sebelumnya banyak dinanti-nanti para penggila gadget di seluruh dunia. 

Melihat antusiasme yang tinggi, Departemen Kebakaran London, Inggris mengingatkan pencinta iPhone Apple agar berhati-hati dalam memakai alat pengisi daya atau charger.

Menurut departemen itu, charger yang tak orisinil alias palsu bisa berdampak buruk bagi penggunanya atau orang lain yang dapat berujung pada kematian.

Powerbank ©2.bp.blogspot.com

Ilustrasi Pengisi Daya
©2.bp.blogspot.com

“Ahli investigasi kebakaran kami melakukan berbagai tes pada sejumlah pengisi daya palsu yang banyak tersedia. Para ahli mengatakan, orang-orang yang menggunakan perangkat tak pasti itu bisa berakibat pada risiko meninggal karena listrik, luka bakar atau bahkan kebakaran rumah yang serius,” kata juru bicara Departemen Kebakaran London, dikutip Business Insider, Rabu, 10 September 2014.

Departemen tersebut mencatat setidaknya kasus-kasus baru yang telah terjadi, pemadam kebakaran dipanggil setelah charger palsu menyebabkan kebakaran saat tengah melakukan pengisian daya.

“Ada juga insiden pada 2013, di mana seorang pramugari berkewarganegaraan Tiongkok tewas akibat sengatan listrik dari pengisi daya (palsu) iPhone itu,” ujar mereka.

Selain itu, ada peristiwa lainnya yang dikarenakan hal yang serupa seperti terjadi pada seorang bocah kecil berusia tujuh tahun yang tewas akibat menggunakan charger palsu ketika bermain Gameboy-nya.

Tak Standar

Risiko berbahaya yang mengintai para penggila elektronik disebabkan ketidaktahuan dan kewaspadaan pengguna terhadap barang asli dan palsu yang tersedia di pasaran.

Institut Standar Perdagangan setempat menemukan 15 dari 21 pengisi daya listrik yang dibeli dari penjualnya di Inggris, tak sesuai dengan keamanan keselamatan di Inggris dan Eropa.

“Pengisi daya asli mungkin lebih mahal dan Anda berpikir membayar untuk merek ternama, tetapi Anda akan membeli kualitas yang sepadan dengan keamanan untuk telepon Anda,” ujar Andrew Vaughan-Davies, penyidik kebakaran.

 

 

 

 

Sumber : teknologi.news.viva.co.id/news/read/536666-waspada–pengisi-daya-iphone-palsu-bikin-tewas-pengguna
Advertisements

About Guru Komputer

Partnering with you for a better world of work

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

facebook twitter google plus

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 1,354 other followers

%d bloggers like this: