ยป
Anda Sedang Membaca...
Artikel, Berita

Hati-hati, banyak account anonymity bergentayangan di internet

Internet merupakan sesuatu yang memiliki dua mata sisi yang menguntungkan dan merugikan. Yang merugikan adalah terkait dengan maraknya aksi penipuan yang muncul dengan menggunakan internet.

Oleh karena itu Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan imbauan kepada para pengguna internet di Indonesia pada khususnya untuk selalu waspada dan berhati-hati ketika melakukan transaksi dengan pihak lain via internet.

“Berbicara transaksi di internet, kita harus waspada, dalam transaksi elektronik kita berhadapan dengan dua pihak yang tidak pernah saling ketemu,” kata Staf Ahli Menteri Kominfo, Joko Agung, pada diskusi panel bertema Indonesia Super Digital 2018 Terobosan Anak Negeri, di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Selasa (09/09).

Menurut Joko, internet sekarang ini sudah merambah dunia jual-beli dan hal itu dapat dilakukan dengan mudah secara online. Banyak situs atau bahkan di jejaring sosial muncul penjualan suatu barang atau jasa, namun ironisnya tidak sedikit dari penjualnya itu yang memiliki identitas dan informasi tidak jelas.

ilustrasi anonymous

ilustrasi anonymous

Agung menjelaskan, begitu banyak jumlah account anonymity di dunia maya maka harus ada regulasi atau ketentuan dari sistem elektronik terkait untuk bisa memastikan pihak-pihak yang bertransaksi itu benar atau tidak.

Menurut dia, seorang pengguna internet yang tidak bertanggung jawab akan secara mudah membuat akun yang tidak jelas untuk kepentingan tertentu.

“Saat satu akun sudah diketahui itu penipu, dan sudah dilaporkan, biasanya akun tersebut dihapus, namun mereka akan selalu bisa bikin baru,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam transaksi yang masuk dalam pelayanan publik harus diwajibkan menggunakan tanda tangan elektronik yang dibuat pihak ketiga yang terpercaya sehingga ada jaminan akun A itu memang benar milik A dan akun B memang milik B.

“Lewat salah satu regulasi seperti itu kita harapkan transaksi elektronik bisa aman dan terpercaya karena penggunaan anonymity itu sulit untuk diberantas,” kata dia.

 

 

 

 

 

 

Sumber : merdeka.com/teknologi/hati-hati-banyak-account-anonymity-bergentayangan-di-internet
Advertisements

About Guru Komputer

Partnering with you for a better world of work

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

facebook twitter google plus

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 1,354 other followers

%d bloggers like this: