»
Anda Sedang Membaca...
Artikel, Berita

Google Kembangkan Teknologi Deteksi Gambar Akurat

Google kembali mengembangkan inovasi teknologinya. Kali ini, perusahaan internet itu tengah mengembangkan software pengenalan gambar yang diklaim sangat akurat untuk mengambil objek detail salam satu adegan atau pemandangan.

Peneliti serta pemagang Google mengembangkan algoritma deteksi dan klasifikasi pengenalan gambar yang disebut GoogLeNet.

Dalam satu tangkapan gambar, algoritma itu mampu membedakan dan menentukan ukuran maupun jenis beberapa objek dari suatu gambar.

Google kembangkan GoogLeNet, software deteksi gambar akurat (www.googleresearch.blogspot)

Google kembangkan GoogLeNet, software deteksi gambar akurat (www.googleresearch.blogspot)

Dilaporkan Daily Mail, Selasa 9 September 2014, software itu belum lama ini digunakan pertama kalinya pada pengenalan gambar skala besar, ImageNet large-scale visual recognition challenge (ILSVRC).

Diketahui ILSVRC merupakan kompetisi tahunan yang ingin menguji teknologi pengenalan gambar maupun sensor deteksi gambar.

Kompetisi tahunan itu sebenarnya memiliki 3 kategori. Pertama klasifikasi, lokalisasi dan deteksi. Pada jenis deteksi, akan diukur kemampuan algoritma untuk menetapkan label yang benar dalam sebuah objek gambar. Sedangkan pada tantangan lokalisasi akan dinilai seberapa akurat algoritma menemukan objek dalam sebuah gambar.

Kompetisi ini dijalankan dengan standar yang ketat. Penilaian berdasarkan pada kemampuan algoritma dalam mengidentifikasi dan menemukan beberapa objek dalam sebuah gambar. Pada tantangan tahun ini, tim GoogLeNet mampu menaikkan kualitasnya dua kali lipat.

Digunakan di Produk Google

Algoritma software itu disebutkan mampu mendeteksi sebuah objek dalam gambar tak peduli dengan besar dan kecilnya objek. Bahkan diklaim teknologi ini bisa mendeteksi objek yang tak dapat dikenali oleh mata manusia.

Tim GoogLeNet mengaku dalam pengembangan algoritma mencontoh prinsip yang berjalan pada jaringan saraf pada manusia.

Algoritma itu dibuat oleh pemagang di Google yaitu Wei Liu dan Scott Reed serta dukungan peneliti Google yaitu Yangqing Jia, Pierre Sermanet, Scott Reed, Drago Anguelov, Dumitru Erhan, Andrew Rabinovich, dan insinyur software Google, Christian Szegedy.

Szegedy memuji pengembangan teknologi pengenalan gambar itu dan dapat dimanfaatkan pada produk Google.

“Kemajuan teknologi tersebut akan memungkinkan pemahaman gambar yang lebih baik di sisi kita langsung dialihkan untuk produk Google seperti pencarian foto, pencarian gambar, YouTube, mobil self-driving, dan setiap tempat di mana hal ini berguna untuk memahami di mana serta apa yang ada di seuatu gambar,” jelas dia.

Menariknya Google mengembangkan software itu terbuka untuk pengembang lain. Misinya agar membantu meningkatkan akurasi dan diharapkan di masa depan, teknologi ini dapat dipakai meningkatkan pencarian Google Image maupun di YouTube.

 

 

 

 

 

Sumber : teknologi.news.viva.co.id/news/read/536377-google-kembangkan-teknologi-deteksi-gambar-akurat
Advertisements

About Guru Komputer

Partnering with you for a better world of work

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

facebook twitter google plus

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 1,354 other followers

%d bloggers like this: