»
Anda Sedang Membaca...
Artikel, Berita

Hari ini Google berulang tahun?

Mesin pencari Google dapat dengan mudah memberikan segala jenis informasi yang diinginkan oleh pengguna. Hanya dengan memasukkan keyword atau kata yang ingin dicari, semuanya akan muncul. Namun, hal tersebut tidak berlaku saat Anda mencari tanggal pasti ulang tahun Google.

Uniknya, pimpinan tim Google Doodle, Ryan Germick, tahun lalu juga menyatakan bila dirinya tidak yakin tanggal ulang tahun pasti Google. Salah satu tanggal yang dipercaya menjadi awal kelahiran Google adalah hari ini, 4 September.

Google.com

Google.com

Tanggal tersebut dipilih oleh sebagian kalangan sebagai hari ulang tahun Google, mengingat pada tanggal 4 September 1998 Google untuk pertama kalinya lahir sebagai sebuah perusahaan. Kedua pendiri dari Google, Larry Page dan Sergey Brin, pada tanggal itu juga membuat akun bank pertama perusahaan mereka.

Tetapi, jangan bayangkan perusahaan Google sama seperti saat ini, terutama dengan kantor-kantor megahnya. Saat itu, Larry dan Sergey hanya berkantor di sebuah garasi milik Susan Wojcicki di kawasan Menlo Park, California. Pada tanggal 4 September pula, kedua pendiri Google mendapat pekerja pertama mereka, Craig Silverstein.

Sejak saat itu perkembangan pesat Google tidak dapat dihentikan. Hanya dalam tiga bulan saja, majalah PC Magazine sudah memasukkan mesin pencari Google sebagai 100 website terbaik di tahun 1998.

Namun, tidak sedikit yang percaya bila ulang tahun Google adalah tanggal 15 September nanti. Sebab, alamat Google.com sendiri secara resmi didaftarkan sebagai sebuah domain pada tanggal tersebut di tahun 1997. Larry dan Sergey mendapatkan nama “Google” dari kata ‘googol’ yang merupakan istilah matematika untuk bilangan 1 yang diikuti oleh 100 angka nol. Filosofi kata ‘googol’ lah yang dipegang oleh Larry dan Sergey untuk mengembangkan sebuah website yang dapat menampung jumlah informasi yang tidak terbatas.

Benar saja, sekarang Google bukan hanya perusahaan berbasis internet. Sejumlah produk-produk dan proyek-proyek di sektor teknologi terus mereka kembangkan, sebut saja OS Android, proyek drone, hingga komputer super. Total seluruh aset Google sendiri sudah mencapai USD 334,54 miliar atau sekitar Rp 3.950 triliun pada tanggal 2 September kemarin (ychart.com).

Pencapaian ini tentunya sangat spektakuler untuk sebuah perusahaan yang hanya berawal dari sebuah garasi. Terlebih, Google masih berulang tahun ke 16 tahun ini. Selamat ulang tahun Google.

 

 

 

 

 

Sumber : merdeka.com/teknologi/hari-ini-google-berulang-tahun
Advertisements

About Guru Komputer

Partnering with you for a better world of work

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

facebook twitter google plus

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 1,354 other followers

%d bloggers like this: