»
Anda Sedang Membaca...
Berita

Tato temporer ini bisa rubah keringat jadi listrik

Tato yang kini mulai marak dibuat oleh anak muda di Indonesia ternyata dimanfaatkan secara unik oleh para peneliti di Universitas California, Amerika. Tim peneliti universitas tersebut tidak hanya membuat sebuah tato yang berguna untuk kesehatan, tetapi juga gadget yang kita bawa.

Dilandasi keinginan untuk menciptakan sebuah alat mungil yang dapat dengan mudah digunakan untuk melakukan tes kadar asam laktat tubuh, dua orang peneliti, Jia dan Dr. Joseph Wang, berhasil menemukan sebuah tato yang merangkap sebagai bio baterai. Tato mungil seukuran perangko ini pun dibekali dengan sebuah sensor.

Tato temporer yang merangkap sebagai bio baterai. © Engadget

Tato temporer yang merangkap sebagai bio baterai. © Engadget

Sensor tersebut akan langsung memonitor kadar asam laktat yang dikeluarkan oleh seseorang ketika berkeringat setelah berolahraga. Mengetahui kadar asam laktat dianggap penting untuk mendeteksi ada tidaknya penyakit paru-paru atau jantung.

Tato temporer yang dikenakan oleh para peserta penelitian secara bersamaan memonitor kadar asam laktat sekaligus menggunakan enzim yang terpasang di sensor untuk mendapatkan muatan listrik dari asam laktat tersebut. Baterai bertenaga keringat Dr. Wang saat ini baru bisa menghasilkan energi listrik rata-rata 4 mikro Watt, padahal untuk menghidupkan sebuah jam dibutuhkan energi sekitar 10 mikro Watt. Namun, Dr. Wang yakin bila bio baterai buatannya bisa segera menghasilkan listrik hingga 70 mikro Watt dan dapat digunakan untuk menghidupkan smartphone.

Bio baterai sendiri memiliki beragam manfaat yang tidak dimiliki oleh baterai berbahan kimia seperti yang kini banyak terdapat di pasaran. Pengisian daya atau ‘charging’ bio baterai diklaim jauh lebih cepat serta menggunakan sumber energi yang diperbaharui (misalnya keringat). Tidak hanya itu, bio baterai pun dianggap lebih aman karena tidak bisa meledak dan mengeluarkan limbah zat kimia berbahaya, phys.org.

 

 

 

 

 

 

Sumber : merdeka.com/teknologi/tato-temporer-ini-bisa-rubah-keringat-jadi-listrik
Advertisements

About Guru Komputer

Partnering with you for a better world of work

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

facebook twitter google plus

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 1,354 other followers

%d bloggers like this: