»
Anda Sedang Membaca...
Berita

Puluhan juta ‘tweeps’ ternyata robot

Sejak diluncurkan pada bulan Juli tahun 2006 lalu, popularitas jejaring sosial berbasis mikroblog, Twitter, terus menanjak tiap detiknya. Tetapi, banyak yang tak menyangka jika jutaan pengguna Twitter hanyalah robot.

Menurut data dari StatisticBrain.com tertanggal 11 Juli kemarin, terdapat tak kurang dari 645 ratus juta akun yang terdaftar di Twitter. Bahkan, tiap harinya terdapat 135 ribu pengguna baru yang membuat akun di jejaring sosial tersebut. Alhasil, tiap hari terdapat 58 juta tweet baru yang dihasilkan oleh seluruh tweeps, sebutan pengguna Twitter.

Uniknya, dari seluruh pengguna yang terdaftar, sebagian di antaranya bukan manusia. Ya, mereka adalah robot web yang biasa disebut dengan ‘bots’. Bots sejatinya adalah sebuah software yang secara otomatis menjalankan tugas-tugas tertentu di internet. Salah satunya adalah ‘Twitteran’.

Ilustrasi  ©oursocialtimes.com

Ilustrasi
©oursocialtimes.com

Seperti yang dilansir oleh Phone Arena (12/08), sekitar 8,5 persen dari pengguna aktif Twitter adalah robot, data ini didapat di akhir bulan Juni lalu. Angka 8,5 persen setara dengan sekitar 23 juta tweeps!

Bots-bots yang menjadi pengguna Twitter bertugas untuk men-tweet beragam konten-konten dalam 140 karakter, seperti berita penting, kabar diskon, hingga laporan gempa bumi. Nampaknya, keberadaan robot-robot tersebut bisa memberikan warna tersendiri di jejaring sosial yang pada tahun kemarin menghasilkan keuntungan hingga Rp 4 triliun hanya dari iklan saja.

 

 

 

 

Sumber : merdeka.com/teknologi/puluhan-juta-tweeps-ternyata-robot
Advertisements

About Guru Komputer

Partnering with you for a better world of work

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

facebook twitter google plus

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 1,354 other followers

%d bloggers like this: