»
Anda Sedang Membaca...
Artikel

Main Video Game Punya Dampak Positif untuk Anak, Asalkan…

Selama ini termasuk di Indonesia, masyarakat terutama orang tua pada umumnya menganggap bahwa bermain game itu memiliki dampak buruk bagi anak-anak. Alasan yang sering digunakan biasanya adalah video game membuat anak-anak malas untuk belajar.

Hal ini ternyata berkebalikan dengan hasil penelitian dari Oxford University melalui Pediatrics (Official Journal of the American Academy of Pediatrics) yang dilakukan oleh Dr. Andrew Przybylski.

Ilustrasi Anak-anak sedang bermain game ©gettyimages

Ilustrasi Anak-anak sedang bermain game
©gettyimages

Penelitian tersebut memberikan hasil bahwa anak-anak yang bermain video game maksimal satu jam per hari, lebih merasa gembira, mudah bergaul, dan tidak terlalu hiperaktif dibandingkan dengan anak-anak yang tidak bermain video game.

Penelitian ini melibatkan 5.000 anak-anak yang berumur antara 10 hingga 15 tahun sebagai responden. Dr. Andrew Przybylski mengatakan bahwa anak yang bermain video game dalam waktu maksimal satu jam, lebih bisa mengerti untuk menjadi lebih baik, dibandingkan dengan anak-anak yang tidak pernah bermain video game atau anak-anak yang bermain video game lebih dari 3 jam.

Dr. Andrew Przybylski juga menambahkan, anak-anak yang bermain game maksimal 1 jam, memiliki kemampuan sosial paling tinggi dan merasa bahagia dengan kehidupan mereka.

Akan tetapi, jika anak-anak bermain berlebihan (lebih dari 3 jam bermain game), justru memiliki kemampuan paling rendah dibanding yang bermain game maksimal 1 jam, maupun yang tidak bermain game.

Hal ini dikarenakan anak-anak melewatkan aktivitas lainnya yang juga menjadikan anak-anak belajar, selain itu ada kemungkinan anak-anak bisa melihat konten yang seharusnya tidak pantas untuk mereka lihat, seperti konten dewasa.

Ternyata bermain video game memiliki dampak positif untuk anak-anak. Hanya saja tetap tidak boleh berlebihan dalam bermain game.

Penelitian ini juga menunjukkan bermain game berlebihan ternyata memberikan dampak yang sangat buruk dibanding anak-anak yang bermain video game dalam waktu maksimal 1 jam. Memang pada dasarnya segala hal yang berlebihan itu tidak baik.

 

 

 

 

Sumber : inet.detik.com/read/2014/08/07/092108/2655488/654/ngegame-punya-dampak-positif-untuk-anak-asalkan?
Advertisements

About Guru Komputer

Partnering with you for a better world of work

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

facebook twitter google plus

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 1,354 other followers

%d bloggers like this: