»
Anda Sedang Membaca...
Berita

Ketika Foto Monyet Selfie Jadi Perdebatan

Seseorang tentu tak akan mau foto selfie miliknya dimanfaatkan orang lain tanpa sepengetahuan dirinya. Tapi, apa jadinya ketika yang menjadi obyek permasalahannya adalah foto monyet yang sedang selfie?Hal ini yang dialami oleh Wikimedia, yayasan yang menaungi Wikipedia. Lembaga ini, diminta oleh salah satu fotografer untuk menurunkan foto selfie seekor monyet yang dipublikasikan di situsnya.

Selfie monkey

Selfie monkey

Wikimedia menolak permintaan itu. Pasalnya, monyet itu memotret dirinya sendiri (selfie) dan sang fotografer tak seharusnya mempunyai hak atas cipta foto tersebut. Karena bukan dirinya yang mengambil foto itu.

“Dia tidak bisa memiliki foto itu, karena ia tidak mengambil foto tersebut,” kata editor Wikimedia, yang detikINET kutip dari The Verge, Kamis (7/8/2014).

Mereka menegaskan bahwa itu dalam domain publik, karena sebagai karya hewan (non-manusia), sehingga manusia tidak bisa memiliki hak ciptanya. Apalagi dibuktikan, memang monyet itu yang memegang kameranya sendiri.

Hal ini juga dibenarkan oleh pengacara hak intelektual Brad Newberg dari firma Reed Smith. Dia setuju bahwa fotogragfer yang tak disebutkan namanya itu tak berhak mendapatkan hak cipta atas foto yang tidak diambilnya tersebut, apalagi hewan.

“Hanya karena ia memiliki kamera, ia tidak dapat memiliki foto itu karena ia tidak mengambil foto tersebut. Ia tidak memilih pencahayaan, ia tidak memilih sudutnya,” katanya

 

 

 

 

Sumber : inet.detik.com/read/2014/08/07/085421/2655465/398/ketika-foto-monyet-selfie-jadi-perdebatan?i991101105
Advertisements

About Guru Komputer

Partnering with you for a better world of work

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

facebook twitter google plus

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 1,354 other followers

%d bloggers like this: