»
Anda Sedang Membaca...
Artikel

Ini Penyebab Smartphone Mudah Meledak

CALIFORNIA – Ponsel memang benda yang sangat penting untuk sebagian kalangan saat ini. Saking pentingnya, beberapa pengguna sampai ada yang membawanya ke ranjang sebagai teman tidur. Karena saking akrbanya, beberapa waktu lalu dilaporkan smartphone Samsung Galaxy milik seorang gadis muda di Texas meledak saat dia sedang tertidur. Beruntung ponsel yang diletakan di bawah bantalnya itu, hanya hancur dan tidak membuat sang wanita terluka.

Ilustrasi Smartphone yang hangus terbakar ©Yahoo

Ilustrasi Smartphone yang hangus terbakar ©Yahoo

Namun tentu saja, keberuntungan tidak selalu terjadi setiap saat. Seorang wanita di Florida, menderita luka bakar di wajahnya ketika baterai smartphonenya meledak di tempat Gym seperti dikutip Yahoo, Selasa (5/8/2014). Berikut ini beberapa tips untuk mencegah agar smartphone Anda tidak meledak atau terbakar.

Baterai Berkualitas Buruk
Salah satu faktor yang menyebabkan smartphone Samsung Galaxy S4 di  Texas meledak adalah pengguna baterai  yang tidak sesuai. Baterai tersebut telah ditukar dengan yang palsu.
iFix mengatakan baterai smartphone dengan kualitas buruk bisa membahayakan pengguna. Hal itu karena konstruksi baterai tersebut tidak memiliki komponen  berkualitas seperti baterai asli.

Simpan Sesuai Tempat
Para ahli menyarankan agar pengguna telefon pintar tidak menyimpan smartphone di tempat tertutup. Smartphone harus diletakan pada ruangan yang berfentilasi baik.

Ketika menyimpan smartphone, lubang charger jangan sampai tertutup. Lubang pengisian itu harus dibiarkan terbuka agar ponsel terhindar dari overheating (menjadi terlalu panas). Oleh karena itu, hindari membawa smartphone ketika tidur dengan menyimpannya di bawah bantal.

Jika Tercebur ke Air, Segera Perbaiki

Tim iFix mengatakan, handset yang tercebur ke dalam air, walaupun sudah dikeringkan, memiliki kemungkinan untuk terjadi korosi atau hubungan arus pendek (korsleting). Hal itu tidak bisa dideteksi dengan mata telanjang. Oleh karena itu jangan ragu untuk segera membawanya kepada ahli agar tidak terjadi hal buruk lainnya.

Dipakai Ketika di Charge
Ketika di charge smartphone menjadi lebih panas dari keadaan normal. Oleh karena itu, para ahli iFix mengatakan jangan menggunakan smartphone untuk bermain game, tethering WiFi, atau mencari jaringan telefon, karena hal itu dapat membuat smartphone menjadi lebih panas berkali-kali lipat.

 

 

 

 

 

 

Sumber : techno.okezone.com/read/2014/08/05/57/1020290/ini-penyebab-smartphone-mudah-meledak
Advertisements

About Guru Komputer

Partnering with you for a better world of work

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

facebook twitter google plus

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 1,354 other followers

%d bloggers like this: