»
Anda Sedang Membaca...
Tips & trik

Menyelamatkan Ponsel yang Terendam Air

Ketika ponsel tercebur, kita pasti khawatir apakah ponsel tersebut masih bisa berfungsi atau menyala. Biasanya orang segera mengeringkan seadanya kemudian segera menyalakan. Sirkuit yang basah ketika dialiri listrik tentu saja mudah korslet. iphone-water

Sebenarnya kondisi tercebut ke air tawar, kans ponsel tetap bisa bekerja normal besar, asal kita melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

-. Cabut baterai dan pisahkan dari ponsel. Jika baterai tidak bisa di cabut, matikan ponsel sampai benar-benar off.

-. Keringkan ponsel dengan lap atau tisu sejauh yang bisa dijangkau. Jangan menggunakan hairdryer, karena angin dari hairdryer bisa menggerakkan cairan di dalam ponsel bergerak jauh ke sela-sela.

-. Bagian dalam ponsel cenderung masih basah, butuh kesabaran untuk mau menyimpannya dan menunggu cukup lama. Kalau punya dryer box lebih baik, isi dengan silica gel (sachet yang suka ada di kemasan makanan untuk menjaga tetap renyah), yang biasanya bisa dibeli di tempat menjual bahan-bahan kimia. Letakkan ponsel di sana, dan biarkan beberapa hari. Ya beberapa hari, karena ketidak-sabaran akan membuat usaha kita sia-sia karena ponsel belum cukup kering ketika dinyalakan.

-. Kalau tidak punya dry box dan silica gel, maka beras bisa menjadi alternatif. Masukkan beras secukupnya ke dalam toples dan ‘kubur’ ponsel di sana. Air dan kelembaban akan terserap ke dalam beras. Dan sekali lagi, biarkan beberapa hari disana, kalau perlu sampai 1-2 minggu.

https://i1.wp.com/assets.kompas.com/data/photo/2013/01/17/1350458.jpg

-. Setelah waktu yang cukup, coba pasang dan nyalakan ponsel kembali. Kalau sudah kering benar dan tidak terjadi korsleting kemungkinan ponsel akan hidup kembali. Kalau tidak, berarti terpaksa saatnya untuk berkunjung ke service center.

Jika kondisinya berbeda, bukan terkena air tawar, tapi air laut, yang asin dan cenderung berefek korosif, langkah pertama, cabut baterai dan siram ponsel dengan air aqua / tawar, bahkan merendam di dalam air tawar, menguceknya, baru melakukan langkah-langkah pengeringan seperti di atas. Jika tidak ‘dinetralkan’ terlebih dahulu dengan air tawar, biasanya ponsel akan rusak karena korosif walau hanya dibiarkan semalam.

 

 

 

 

Sumber : inet.detik.com/read/2014/07/23/115828/2645734/1569/pertolongan-pertama-saat-ponsel-tercebur?i993304klinik
Advertisements

About Guru Komputer

Partnering with you for a better world of work

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

facebook twitter google plus

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 1,354 other followers

%d bloggers like this: