»
Anda Sedang Membaca...
Artikel

Mengenal Speed Class pada Memory Card

Memory card, atau micro SD pada umumnya sekarang yang dipakai pada ponsel, selain memiliki besaran kapasitas juga memiliki kelas kecepatan atau speed class. Jadi ada sebuah standar kecepatan untuk baca tulis yang dibuat oleh SDA (Secure Digital Association). Makanya ketika kita membeli memory card, walaupun merek dan kapasitasnya sama, bisa berbeda harganya kalau class nya berbeda.Setiap kali kita mengambil foto, menyimpan catatan pada smartphone, ini proses “menulis” pada memory, atau memory card. Ketika kita menampilkan kembali foto atau melihat catatan tersebut, terjadi proses ‘membaca’ dari memory card. Sebuah memory class 4 misalnya, harus memiliki standar minimal bisa membaca dan menulis dengan kecepatan 4 MB/s. (megabytes per second)

ilustrasi/GettyImages

ilustrasi/GettyImages

Memory card class 10, berarti harus memiliki standard minimal kecepatan baca tulis paling rendah 10 MB/s. Di atas class 10, kita masih menemukan adalagi standard tambahan yang dikenal dengan UHS (Ultra High Speed) UHS 1 , UHS 2 , dst.

Nah, untuk apa sih speed class tersebut?

Sekarang smartphone kita semakin tinggi spesifikasi dan kecepatannya. Bahkan sudah sanggup mengambil foto yang sangat besar ukurannya dan video 4K. Memory card yang lambat, atau class lebih rendah akan menghambat semua kemampuan ini. Jika smartphone kita sudah sanggup mengambil video ukuran HD (720), ada baiknya kita menggunakan class 4 atau class 6, jangan lagi class 2.

Jika sudah sanggup mengambil video full HD (1080), usahakan minimal memory card kita class 6 atau class 10. Kalau sampai sanggup untuk mengambil video 4K, disarankan menggunakan memory bahkan sampai UHS 3.

Jika kita menggunakan smartphone android, sebentar lagi di OS android yang baru sanggup mengambil foto dengan format RAW tanpa kompresi. Ini ukuran file nya akan sangat besar. Kalau memory kita tidak cepat, butuh jeda waktu dari mengambil gambar, menulisnya, sampai tersimpan di memory card.

Hal yang sama akan terjadi jika kita sering bermain game dengan ukuran besar yang datanya tersimpan di memory card bergiga-giga. Proses lodingnya akan lebih cepat kalau kita menggunakan memory yang cepat speednya. Jika kita sering memindahkan data lagu, video yang besar dari dan ke komputer, memory yang cepat akan dirasakan sangat membantu.

 

 

 

 

 

Sumber : inet.detik.com/read/2014/07/03/133434/2626789/1569/2/mengenal-speed-class-pada-memory-card

 

Advertisements

About Guru Komputer

Partnering with you for a better world of work

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

facebook twitter google plus

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 1,354 other followers

%d bloggers like this: