»
Anda Sedang Membaca...
Berita

Ponsel Masa Depan Bakal Punya Memori 1 Terabyte

Memiliki ponsel dengan kapasitas penyimpanan 3 GB untuk saat ini memang serasa tiada tanding. Tapi, bagaimana jika ponsel memiliki kemampuan penyimpanan ratusan hingga ribuan kali lebih banyak.

Hal ini bukan angan-angan saja, sebab peneliti di Rice University, Amerika Serikat telah mengembangkan sebuah chip yang mampu memiliki ruang penyimpanan sampai terabyte.

Melansir Technologyreview, Kamis 24 Juli 2014, peneliti mengembangkan memori jenis resistive random access memory (RRAM). Memang sudah ada beberapa perusahaan yang mengembangkan RRAM.

Ilustrasi memori flash ©amazon.com

Ilustrasi memori flash ©amazon.com

Namun, selama ini fabrikasi pengembangan memori super itu membutuhkan tegangan dan suhu tinggi. Hal ini membuat proses produksi sulit dan membuat harga akhir memori menjadi mahal.

Nah, di tangan peneliti Rice University membuat efisiensi. RRAM didesain pada suhu dan tegangan yang lebih rendah. RRAM bekerja seperti halnya memori flash, yang dapat menyimpan data tanpa pasokan listrik terus menerus.

Peneliti merekayasa ruang memori agar lebih efektif dan optimal untuk penyimpanan, sehingga tak heran dengan ukuran chip sebesar perangko, mampu memberikan kapasitas penyimpanan sampai terabyte.

“Kenapa Anda tidak memiliki semua film yang Anda suka di iPhone? Ini bukanlah sesuatu tak Anda inginkan, itu karena Anda tak memiliki ruang,” ujar James Tour, profesor Teknik Material Rice University.

Disebutkan, kunci teknologi memori super ini adalah lapisan silikon dioksida yang penuh dengan lubang kecil masing-masing lebarnya 5 nanometer. Lapisan berpori ini terjepit di antara dua lapisan tipis berlogam, yang berfungsi sebagai elektroda.

Saat sebuah tegangan dialirkan, mengakibatkan logam bermigrasi ke dalam lubang membentuk sambungan listrik antara elektroda. Penggunaan silikon juga membuat daya yang dibutuhkan lebih rendah dan artinya tak terganggu dengan panas.

Memori besutan peneliti universitas itu juga lebih padat dari RRAM versi sebelumnya. Disebutkan versi peneliti, memori menyimpan 9 bit per sel, sedangkan untuk memori flash konvensional hanya menyimpan 3 bit per sel.

Tour mengatakan, tim peneliti mengharapkan mencapai kesepakatan dengan produsen dalam dua pekan mendatang. Tapi, Tour enggan menyebutkan nama perusahaan.

 

 

 

Sumber : teknologi.news.viva.co.id/news/read/524427-ponsel-masa-depan-bakal-punya-memori-1-terabyte
Advertisements

About Guru Komputer

Partnering with you for a better world of work

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

facebook twitter google plus

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 1,354 other followers

%d bloggers like this: