»
Anda Sedang Membaca...
Berita

Kemenkominfo berikan info kepada pemudik via TI dan komunikasi

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ketika mendekati Lebaran dan musim mudik, di jalan-jalan raya dipastikan akan banyak kendaraan yang berlalu-lalang, bahkan tidak sedikit kemacetan sampai kecelakaan terjadi di mana-mana.Untuk itu, Kementerian Kominfo berupaya untuk membantu mengurai kemacetan dan menekan angka kecelakaan dari tahun-tahun sebelumnya dengan berikan informasi kepada pemudik melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

antrean pemudik di tol merak. ©Merdeka.com/arie basuki

antrean pemudik di tol merak. ©Merdeka.com/arie basuki

Konsep pemberian informasi tersebut di bagi menjadi dua yaitu :

A. Sumber informasi
Ada 2 kategori sumber informasi yaitu :

  1. Informasi Dinamis adalah informasi tentang Kemacetan Lalu Lintas dan Jalur Alternatif. Informasi ini berasal dari Kementerian Perhubungan, NTMC Kepolisian RI, dan PT. Jasa Marga.
  2. Informasi Statis adalah informasi lokasi SPBU, ATM, bengkel, rest area, penginapan, Rumah Makan, dan Rumah Sakit/Puskesmas. Data ini diambil dari berbagai sumber yang layak dipercaya seperti Kementerian Perhubungan, Kepolisian, Bank Pemerintah dan Swasta, Pertamina, dan Shell.

B. Penyebaran Informasi ke Pemudik/ Masyarakat
Penyebaran informasi dilakukan melalui media telekomunikasi, penyiaran dan internet. Media Telekomunikasi melakukan penyebaran informasi dengan pesan singkat (SMS Blast) melalui operator telekomunikasi seluler di bawah koordinasi Pusat Informasi dan Humas.

Media Penyiaran dilakukan dengan Radio Siaran di mana chanel frekuensi untuk masing-masing lokasi dapat dilihat pada leaflet yang diterbitkan oleh Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik.

Sedangkan media Internet dilakukan melalui aplikasi mudik lebaran yang dikembangkan oleh Direktorat Telekomunikasi Khusus bersama dengan Klik Indonesia bernama Zohib Messenger.

Aplikasi Over The Top (OTT) yang 100 persen buatan developer Indonesia itu bekerja di atas ekosistem Klik Indonesia. Untuk edisi Lebaran Tahun 2014, aplikasi Zohib Messenger di tambah menu atau kanal khusus informasi mudik lebaran. Dalam menu tersebut, masyarakat atau pemudik mendapatkan pushed info messages berbasis lokasi dalam radius 10 Km seperti kondisi kemacetan lalu lintas atau kecelakaan.

Selain pushed info messages tersedia juga informasi yang bersifat interaktif yaitu lokasi Rumah Sakit, rest area, bengkel, pos polisi dan SPBU dalam radius 10 Km ditampilkan secara embedded pada peta/map.

Pengguna dapat juga melihat kondisi realtime lalu lintas melalui CCTV yang tersedia dalam radius 10 Km dalam format video atau gambar. Aplikasi Zohib Messenger saat ini dapat download pada playstore untuk smartphone yang berbasis android.

Dengan dilakukan kegiatan penyebaran informasi lalu lintas pada saat musim mudik ini diharapkan masyarakat akan mendapat kenyamanan dan keamanan sehingga kerugian moril, material dan korban jiwa dapat dikurangi.

 

Sumber : merdeka.com/teknologi/kemenkominfo-berikan-info-kepada-pemudik-via-ti-dan-komunikasi
Advertisements

About Guru Komputer

Partnering with you for a better world of work

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

facebook twitter google plus

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 1,354 other followers

%d bloggers like this: