»
Anda Sedang Membaca...
Berita

Ilmuwan MIT Mengembangkan Sepasang Robot Jari Tambahan

Tangan dan jari adalah organ tubuh terpenting serta terkompleks yang manusia miliki. Otot-otot di dalamnya dapat melakukan gerakan apa saja yang otak Anda perintahkan, tanpa harus mengontrolnya satu per satu. Didorong oleh ketertarikan pada mekanisme tangan, sekumpulan tim riset dan mahasiswa Massachusetts Institute of Technology membuat sebuah robot unik.

Supernumerary-robotic-fingers-01-620x320Robot ini mereka namai supernumerary robotic fingers. Ia adalah robot jari tambahan yang dapat pengguna pasangkan di pergelangan. Robot tersebut berperan sebagai ekstensi dari tangan Anda, dan memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai hal yang tadinya membutuhkan kedua tangan.

Supernumerary robotic fingers 02Profesor Harry Asada dari Department of Mechanical Engineering menjelaskan bahwa hasil karya timnya terinspirasi dari berbagai alat pembantu yang kita gunakan sehari-hari. Contohnya saja seperti pisau dan garpu untuk makan, hingga mobil yang kita kendarai. Semua ini merupakan perpanjangan dari fungsi anggota badan kita.

Dan itulah alasannya mengapa supernumerary robotic fingers dibuat. Mereka merancang sedemikan rupa agar robot tersebut dapat dikontrol secara intuitif layaknya menggunakan alat bantu. “Anda tidak perlu memerintahkan robot secara manual, hanya perlu menggerakan jari-jari dengan natural. Robot jari tersebut akan langsung segera bereaksi dan membantu Anda,” jelas Asada.

Supernumerary robotic fingers 03Untuk membuatnya, tim peneliti melengkapi supernumerary robotic fingers dengan dua buah actuator yang diintegrasikan bersama, dan berbagai macam sensor. Faye Hu, mahasiswa yang turut serta dalam proyek ini, mendemonstrasikan kemampuan robot jari tersebut: ia mengenakan supernumerary robotic fingers di pergelangan, kemudian saat Wu menggenggam objek, sang robot segera mengikutinya.

Proses pembuatan supernumerary robotic fingers tidaklah mudah. Wu harus memprogram gerakan secara manual dengan objek yang berbeda, merekam, lalu menganalisa seluruh data. Ia menemukan bahwa tiap cengkraman bisa diterjemahkan dengan kombinasi dua hingga tiga pola gerakan ‘ketujuh’ jari di tangannya.

Dengan begitu, tim peneliti bisa menggunakan informasi tersebut untuk mengembangkan algoritma dalam menciptakan postur yang pas agar supernumerary robotic fingers dapat optimal dalam membantu pengguna. Untuk sekarang, sang robot baru bisa melakukan gerakan mencengram – otomatis membuka dan menutup – mengikuti gerakan jari Anda.

Supernumerary robotic fingers 04Lalu apa sebenarnya kegunaan dari robot jari tambahan ini? Supernumerary robotic fingers memungkinkan kita melakukan pekerjaan yang awalnya tidak bisa dilakukan hanya dengan satu tangan. Contohnya seperti membuka tutup botol, mengaduk secangkir kopi, membuka tutup toples, mengangkat benda-benda yang berat, hingga bisa dimanfaatkan untuk membantu orang-orang yang memiliki keterbatasan fisik.

Dalam video presentasinya, Profesor Asada mengingatkan bahwa karya mereka ini masih merupakan prototype, dan berencana untuk memperkecil ukurannya, serta membuat supernumerary robotic fingers dengan rancangan yang bisa dilipat.

 

 

 

Sumber : trenologi.com/2014071840623/ilmuwan-mit-mengembangkan-sepasang-robot-jari-tambahan/
Advertisements

About Guru Komputer

Partnering with you for a better world of work

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

facebook twitter google plus

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 1,354 other followers

%d bloggers like this: