»
Anda Sedang Membaca...
Tips & trik

Cara Agar Virus Autorun Tidak Menginfeksi Flashdisk

Seperti kita ketahui bahwa era perkembangan informasi dan teknologi saat ini mencapai kemajuan yang sangat pesat. Namun tidak hanya dalam hal positifnya saja, hal negatif dalam dunia teknologi pun mengalami kemajuan yang pesat pula. Ad-ware, malware, virus, ransomware, dan lain sebagainya telah semakin meresahkan para pengguna komputer maupun gadget. Salah satu dari sekian banyak permasalahan tersebut ialah virus yang kini secara umum dapat menduplikasi dirinya ke media penyimpanan portable seperti flashdisk.

autorunAutorun.inf kini menjadi suatu file yang selalu dicurigai apabila berada di media penyimpanan portable tersebut, dikarenakan fungsinya yang akan menjalankan suatu instruksi atau aplikasi secara otomatis ketika media penyimpanan tersebut aktif. Berbagai macam tindakan preventif telah dilakukan oleh para berbagai pengembang antivirus untuk mencegah file autorun ini terus menjejali flashdisk para pengguna komputer. Namun pertanyaannya ialah apakah aplikasi yang dibuat oleh pengembang antivirus tersebut sudah simple dan efisien?

Apabila kamu juga merupakan salah satu pengguna komputer yang mengalami peristiwa serupa, atau mungkin hanya ingin berhati-hati apabila ingin memasang flashdisk di komputer milik umum dan tetap terhindar dari autorun virus tersebut namun menggunakan software yang simple dan ringan, Panda USB Vaccine solusinya. Program kecil yang hanya berukuran 2 MB ini berfungsi sebagai penangkal jalannya autorun dari komputer dan juga flashdisk pengguna, sehingga komputermu akan terhindar dari autorun virus yang sangat mengganggu.

Apa bedanya aplikasi ini dengan aplikasi antivirus? Panda USB Vaccine secara simple berfungsi untuk mematikan autorun di setiap komputer yang terinstall oleh aplikasi ini dan juga dapat langsung memblok setiap flashdisk agar tidak menciptakan file autorun.inf. Bagi kamu yang tidak suka dengan rumitnya aplikasi sejenis yang lainnya, maka mungkin USB Vaccine tidak akan memperburuk situasi tersebut. Hanya tinggal install dan biarkan aplikasi ini bekerja dengan cepat.

Penggunaanya pun mudah. Aplikasi ini hanya memiliki dua tombol, yang pertama ialah Vaccinate Computer untuk mematikan autorun yang dimiliki oleh komputer dan kedua ialah Vaccinate USB untuk memblok autorun yang berada di Flashdisk.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa aplikasi ini bukan untuk menggantikan aplikasi antivirus yang sudah ada, namun menjadi aplikasi pelengkap sebagai pendamping dari antivirus. Dengan adanya aplikasi ini, antivirusmu kamu tidak harus bekerja keras dalam melawan autorun virus yang membandel. Selamat mencoba!

 

 

Sumber : jalantikus.com/tips/detail/3607/cara-agar-virus-autorun-tidak-menginfeksi-flashdisk
Advertisements

About Guru Komputer

Partnering with you for a better world of work

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

facebook twitter google plus

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 1,354 other followers

%d bloggers like this: