»
Anda Sedang Membaca...
Berita

akhir 2014 ini Telkomsel berencana luncurkan teknologi 4G-LTE

Walaupun gaungnya sudah terdengar sejak beberapa tahun lalu, namun teknologi 4G-LTE sampai saat ini masih belum digulirkan secara bebas. Akan tetapi, PT Telkomsel nampaknya akan mulai menggelontorkan teknologi tersebut untuk umum.4G-LTE atau 4 Generations – Long Term Evolution atau juga memiliki nama 3GPP Long Term Evolution ini merupakan teknologi standard komunikasi nirkabel berbasis jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSDPA untuk akses data kecepatan tinggi menggunakan telepon seluler mau pun perangkat mobile lainnya (Wikipedia).

4G-LTE. ©Merdeka.com

4G-LTE. ©Merdeka.com

Walaupun sudah banyak negara-negara di dunia yang menggunakannya dan bahkan ada yang sudah mengambil ancang-ancang untuk pakai teknologi 5G, namun sampai sekarang 4G-LTE masih belum digulirkan secara bebas untuk umum.

Namun, Telkomsel memiliki rencana untuk meluncurkan layanan telekomunikasi menggunakan teknologi ini di akhir tahun 2014 atau di awal tahun 2015 mendatang.

Direktur Sales Telkomsel Ma’sud Khamid menyatakan bahwa Bali akan menjadi tempat pertama yang akan digunakan sebagai venue untuk meluncurkan 4G-LTE ini dan kemudian akan disusul 6 kota besar di Indonesia lainnya.

“Kami pilih Bali karena banyak wisatawan asing dari berbagai negara yang berkunjung ke sana, sehingga mereka nantinya bisa menikmati layanan 4G tersebut. Ini sekaligus upaya Telkomsel untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia sudah menerapkan layanan teknologi terdepan dalam telekomunikasi,” katanya, seperti dikutip dari Antara (20/07).

Selain itu, lanjut Ma’sud, pemilihan Bali sebagai lokasi peluncuran layanan 4G, karena sebelumnya Telkomsel juga telah sukses mengujicobakan jaringan LTE saat pelaksanaan KTT APEC yang berlangsung di Pulau Dewata pada tahun 2013.

“Setelah Bali, pada triwulan pertama tahun 2015, layanan 4G akan diluncurkan di enam kota besar lainnya, masing-masing Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Yogyakarta dan Manado,” ujar Ma’sud yang didampingi Executive Vice President Telkomsel Area Jawa Bali, Yetty Kusumawati.

Saat ini, pihaknya terus menyiapkan infrastruktur jaringan untuk menyongsong peluncuran layanan 4G yang sebelumnya telah digunakan di beberapa negara.

Layanan LTE atau 4G merupakan salah satu upaya Telkomsel untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan yang membutuhkan kecepatan akses, terutama pengguna data, yang beberapa tahun terakhir pertumbuhannya cukup pesat. Layanan ini menawarkan “theoretical download speed” berkecepatan 75-100 Mbps dan “typical download speed” yang berkisar 3-12 Mbps.

“Jaringan 4G mampu mengirimkan data dengan kecepatan hingga lima kali lipat dari yang dimiliki jaringan 3G. Saat ini, beberapa perangkat telepon seluler pintar (smartphone) yang dijual di pasaran juga sudah didukung dengan teknologi tersebut,” tambahnya.

 

 

Sumber : merdeka.com/teknologi/telkomsel-berencana-luncurkan-teknologi-4g-lte-di-akhir-2014-ini
Advertisements

About Guru Komputer

Partnering with you for a better world of work

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

facebook twitter google plus

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 1,354 other followers

%d bloggers like this: