»
Anda Sedang Membaca...
Berita

Setelah koki, robot siap gantikan bartender

Salah satu dampak negatif yang mungkin muncul akibat perkembangan robot adalah menghilangnya lapangan-lapangan pekerjaan yang sebelumnya menjadi domain manusia. Robot-robot jenis humanoid atau robot mirip manusia tak lama lagi ‘merampas’ lebih banyak pekerjaan dari manusia.

Jika sebelumnya banyak robot-robot yang dibuat untuk menggantikan tugas koki atau menjadi pramusaji di rumah makan, maka Honda dengan ASIMO-nya diprediksi segera mengambil alih tugas para bartender dan barista.

Robot ASIMO generasi terbaru. ©SWNS

Robot ASIMO generasi terbaru. ©SWNS

ASIMO yang sampai saat ini masih dianggap sebagai robot humanoid paling canggih di dunia membuka potensi barunya. Honda mengembangkan robot ini agar mampu membuka botol minuman, meracik, hingga menyajikannya ke meja pelanggan.

ASIMO saat menuangkan minuman

ASIMO saat menuangkan minuman

Berkat peningkatan intelegensi yang diberikan oleh Honda, ASIMO generasi baru yang dapat berbicara dan mengerti bahasa ini mampu dioperasikan di restoran atau kafe. Robot yang telah dikembangkan sejak tahun 1998 ini bisa mengenali suara panggilan atau percakapan dari beberapa orang sekaligus, layaknya yang biasa terjadi di restoran.

ASIMO menggunakan dua kamera yang terletak di kepalanya untuk mengartikan informasi yang dilihatnya untuk diterjemahkan ke dalam gerakan. Di saat ada banyak pelanggan, robot bertenaga baterai Lithium-ion ini mampu memprediksi arah gerakan manusia untuk kemudian mengambil alternatif jalur agar tidak menabrak.

“ASIMO terbaru telah mengalami peningkatan drastis dari segi mobilitas, penyelesaian tugas, serta kemampuan untuk berkomunikasi dengan banyak orang. Langkah besar ini semakin mendekatkan Honda ke tujuan akhir, yakni membuat sebuah robot yang benar-benar bisa membantu manusia dalam beragam kondisi,” kata Satoshi Shigemi, insinyur utama dalam pengembangan proyek robot ASIMO, Daily Mail (16/07).

 

 

Sumber : merdeka.com/teknologi/setelah-koki-robot-siap-gantikan-bartender
Advertisements

About Guru Komputer

Partnering with you for a better world of work

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

facebook twitter google plus

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 1,354 other followers

%d bloggers like this: