»
Anda Sedang Membaca...
Berita

Material baru ini bisa serap cahaya hingga 99 persen

Banyak orang yang beranggapan memakai baju dengan warna hitam sangat cocok ketika berada di tempat yang dingin, karena kain berwarna gelap sangat cocok untuk menyerap panas. Tetapi bahan gelap yang satu ini bahkan bisa menghilangkan cahaya.

Ya, material yang baru saja ditemukan oleh ilmuwan asal Inggris ini mampu menyerap cahaya hingga 99,965 persen! Mereka menamai material unik ini “Vantablack”.

Material Vantablack. ©Ubergizmo

Material Vantablack.
©Ubergizmo

Selain mampu menyerap cahaya, Vantablack memiliki tingkat kestabilan terhadap panas yang tinggi, serta mampu menahan getaran. Oleh sebab itu, material berwarna hitam pekat ini diperkirakan segera digunakan untuk membuat teleskop yang diluncurkan ke luar angkasa.

Dengan memakai Vantablack, pemantulan cahaya yang terjadi pada teleskop luar angkasa bisa dikurangi atau bahkan dihilangkan. Pemantulan cahaya pada sebuah teleskop ‘sensitif’ sendiri diketahui bisa merusak citra yang dihasilkan.

Untuk mengetahui kehebatan dari Vantablack, pada gambar di atas nampak ada kesalahan pemotretan atau pemberian efek warna hitam untuk menutupi sebagian besar permukaan aluminium foil. Akan tetapi yang sebenarnya terjadi adalah Vantablack yang menutupi aluminium itu. Material yang dikembangkan dengan teknologi nano ini mampu menghilangkan bentuk tiga dimensi dari sebuah benda, BGR (14/07).

Karena kemampuannya itulah, sebagian orang menganggap material ini sangat cocok diaplikasikan untuk keperluan pengintaian malam hari, misalnya pada pesawat stealth atau siluman.

 

 

Sumber : merdeka.com/teknologi/material-baru-ini-bisa-serap-cahaya-hingga-99-persen
Advertisements

About Guru Komputer

Partnering with you for a better world of work

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

facebook twitter google plus

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 1,354 other followers

%d bloggers like this: