»
Anda Sedang Membaca...
Berita

30 Tahun Lagi, Informasi Bisa ‘Dimakan’

Dalam kurun tiga dekade ke depan, internet akan terlupakan. Semua orang bisa pintar hanya perlu memakan pil jika ingin informasi.
Pil tersebut berisi informasi yang dibutuhkan. Satu pil akan berisi informasi lengkap terhadap suatu ilmu. Bahkan untuk mempelajari bahasa. Hal ini bukan tidak mungkin. Para peneliti percaya jika hal ini akan terwujud meski butuh waktu puluhan tahun.

ilustrasi ©webmd.com

ilustrasi
©webmd.com

Dilansir melalui Daily Mail, Rabu, 10 Juli 2014, pendiri Media Lab Massachusetts Institute of Technology (MIT), Nicholas Negroponte mengutarakan hal ini dengan penuh keyakinan. Menurutnya, hal itu bisa terjadi berkat bantuan aliran darah yang ada dalam tubuh.

“Pil itu bisa ditelan. Saat ia masuk ke dalam tubuh, informasi akan mengikuti aliran darah untuk sampai ke otak. Jenis informasi yang diserap akan disimpan di sudut tertentu di dalam otak tersebut agar bisa diingat dan memberi pengetahuan kepada penelan pin,” ujar pria yang juga dikenal sebagai penggagas One Laptop Per Child (OLPC), sebuah program laptop untuk pendidikan anak-anak di negara miskin.

Menurutnya, 30 tahun ke depan manusia akan bisa mendapatkan pengetahuan bahasa asing hanya dengan menelan pil, mempelajari Shakespeare dan juga matematika. “Bukan hanya saya yang percaya bahwa kita bisa melakukan ini. Para ilmuwan lain juga optimis,” ujar Negroponte.

Ini merupakan prediksi terbaru yang pernah dipaparkan oleh Negroponte. Sebelumnya, ia dan beberapa peneliti lain juga pernah melakukan prediksi yang sama dan terjadi.

Prediksi yang selalu benar

Pada 1970, pernah muncul metode menyematkan kamera di atas truk untuk membuat peta. Kini Google mengaplikasikannya lewat layanan Street View. Layanan ini membutuhkan mobil yang dilengkapi kamera untuk bisa mendapatkan gambar live terkait peta jalan.

Tahun 1984, Negroponte juga pernah mengatakan bahwa suatu saat nanti, perangkat mouse yang digunakan untuk mengendalikan komputer akan tergantikan oleh jari manusia. Saat ini, jari digunakan untuk mengendalikan layar pada perangkat smartphone dan tablet layar sentuh. Bahkan sistem operasi Windows 8 memungkinkan jari bermain di layar sentuh monitor laptop.

“Dulu, semua orang mengatakan mustahil dan menganggapnya lucu. Pasalnya, menurut mereka jari akan menutupi bagian layar. Bahkan mereka menganggap jari hanya akan membuat layar menjadi kotor,” kata Negroponte. Namun terbukti, saat ini mouse jarang digunakan.

Kemudian di tahun 1995, Negroponte juga pernah mengatakan bahwa dia akan bisa membeli buku dan membaca koran langsung dari layar monitor. Kini teknologi itu pun terbukti dengan adanya majalah dan koran digital.

“Satu hal terkait masa depan yang bisa saya beri tahu dengan penuh keyakinan adalah, saya pernah berada di masa depan. Bahkan beberapa kali. Berapa kali dalam hidup saya pernah mengatakan, ‘dalam waktu 10 tahun akan terjadi hal ini, akan terjadi hal itu. 10 tahun berlalu dan prediksi itu jadi kenyataan,” kata Negroponte bercanda, namun penuh percaya diri.

 

 

Sumber : teknologi.news.viva.co.id/news/read/520301-30-tahun-lagi–informasi-bisa–dimakan
Advertisements

About Guru Komputer

Partnering with you for a better world of work

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

facebook twitter google plus

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 1,354 other followers

%d bloggers like this: