»
Anda Sedang Membaca...
Berita

Orkut ucapkan selamat tinggal setelah 10 tahun berkiprah

Mungkin tidak banyak orang tahu akan satu jejaring sosial bernama Orkut ini. Orkut adalah sosial media yang justru tidak populer di negara asalnya sendiri, Amerika Serikat.
Pada bulan Januari 2004, Orkut adalah jejaring sosial yang diciptakan oleh seorang teknisi software yang bekerja di Google bernama Orkut Buyukkokten.

OrkutLogin ©fakingnews.firstpost

OrkutLogin
©fakingnews.firstpost

Memang tidak ada penjelasan detail terkait Google dan Orkut, namun ada beberapa pernyataan di forum luar negeri yang mengatakan bahwa karena Orkut Buyukkokten adalah pekerja di Google, maka perusahaan raksasa itu juga ikut memiliki Orkut dengan porsi 50 persen dan masih wajib membayar royalti ke Orkut Buyukkokten.

Namun sayangnya, setelah mendulang popularitas khususnya di India dan Brasil sebagai 2 negara pengguna Orkut terbesar di dunia, Google dan pihak Orkut sendiri mengumumkan untuk menutup Orkut pada tanggal 30 September 2014 nanti.

Dalam email yang diterima, pihak orkut mengatakan, “10 tahun yang sangat berarti dan hebat. Dikarenakan YouTube, Blogger dan Google+ popularitasnya melebihi pertumbuhan orkut yang terlebih dahulu lahir, maka ini saatnya kami meminta izin untuk mengucapkan selamat tinggal. Kami akan memfokuskan energi dan sumber daya untuk membuat platform sosial lain untuk semua orang.”

Dalam salah satu laman milik Google yang membahas tentang Orkut ini menjelaskan bahwa semua data yang ada di Orkut akan masuk dalam arsip sejak tanggal 30 September 2014.

Walaupun ditutup untuk umum, tidak ada anggota baru, tidak dapat login, tidak dapat melakukan apa-apa di Orkut, namun pengguna lamanya masih dapat membaca tulisan atau diskusi lama yang ada di situs itu secara anonim.

Disarankan untuk membackup semua data yang ada di orkut atau juga menghapus semua postingan individu apabila tidak ingin tulisan-tulisan Anda tersebut tersimpan di arsip. Atau juga, apabila ingin lebih aman, Anda dapat menghapus account secara permanen.

 

 

Sumber : merdeka.com/teknologi/orkut-ucapkan-selamat-tinggal-setelah-10-tahun-berkiprah
Advertisements

About Guru Komputer

Partnering with you for a better world of work

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

facebook twitter google plus

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 1,354 other followers

%d bloggers like this: