»
Anda Sedang Membaca...
Artikel

Perangkat Elektronik Pengaruhi Nilai Akademis Siswa

Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan pengaruh perangkat elektronik dalam kehidupan belajar mengajar. Meski membantu komunikasi namun perangkat elektronik terbukti mempengaruhi nilai akademis siswa.

Perangkat elektronik seperti telepon pintar, tablet, dan laptop yang digunakan di ruangan kelas dapat mempengaruhi nilai akademis pelajar. Studi yang dilakukan oleh Universitas Negeri Michigan ini menjelaskan bahwa mahasiswa cerdas bakal mempunyai nilai akademis yang buruk bilamana mereka menggunakan internet di kelas untuk keperluan non-akademik.

©www.theguardian.com

©www.theguardian.com

“Siswa harus bisa menahan diri mereka untuk tidak membiarkan dirinya terganggu oleh penggunaan internet,” ujar Susan Ravizza selaku Ketua Peneliti, seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat 20 Juni 2014.

Penelitian ini berdasarkan hasil pengamatan Ravizza bersama rekan-rekannya, yang mempelajari penggunaan internet non-akademis di kelas oleh 500 mahasiswa. Mereka mengikuti mata kuliah pengantar psikologi di Universitas Negeri Michigan.

Dalam pengamatan tersebut, terlepas dari kemampuan intelektual, semakin sering menggunakan internet yang bukan akademis seperti halnya membaca berita, mengirim surat elektronik dan posting terbaru di Facebok cenderung memiliki nilai ujian yang lebih rendah.

Perangkat elektronik tersebut bisa menghilangkan konsentrasi belajar yang sedang diterangkan oleh pengajar di kelas. Konsentrasi teralihkan dengan benda yang ada di sekitarnya seperti ponsel, tablet, atau laptop.

Pelarangan untuk menggunakan internet saat di kelas, kata Ravizza, sangat tidak efektif walaupun perangkat elektronik itu di ruangan kelas merupakan sumber dari merosotnya nilai akademis.

“Larangan tersebut mungkin akan berdampak pada masalah lainnya, yaitu keamanan karena ponsel menjadi sumber utama dalam menerima pesan darurat,” ungkapnya.

Selama melakukan pengamatan kepada para pelajar tersebut pihak Universitas Negeri Michigan ini mendapat kucuran dana dari National Science Foundation.

 

Sumber : teknologi.news.viva.co.id/news/read/514432-perangkat-elektronik-pengaruhi-nilai-akademis-siswa
Advertisements

About Guru Komputer

Partnering with you for a better world of work

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

facebook twitter google plus

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 1,354 other followers

%d bloggers like this: