ยป
Anda Sedang Membaca...
Berita

PialaDunia 2014 dalam teknologi dan jejaring sosial

Pagelaran World Cup 2014 atau Piala Dunia 2014 yang dilaksanakan di Brasil, seakan menjadi magnet tersendiri bagi banyak orang, khususnya para pecinta bola.Tentunya, tidak sedikit orang yang harus merogoh kocek dalam-dalam untuk dapat datang langsung menyaksikan pagelaran Piala Dunia 2014 di Brasil. Namun bagi yang tidak dapat melakukannya, rata-rata mereka akan menyaksikan pertandingan demi pertandingan melalui media internet atau juga televisi yang menyiarkannya.

Selain itu ada pula yang mengikuti informasinya di jejaring sosial atau juga media online dan cetak. Berikut sekelumit penjelasan tentang Piala Dunia 2014 dalam sudut pandang teknologi dan internet.

1. Jejaring Sosial

Piala Dunia 2014 dalam teknologi dan jejaring sosial

Menurut infografis dari Crowdtap, sekitar 74,2 persen dari seluruh pengguna jejaring sosial, menikmati pertandingan sekaligus mengakses account jejaring sosial mereka. 43,4 persen akan memposting sesuatu tentang pertandingan yang dia tonton di Facebook. 34,1 persen akan ‘berkicau’ di Twitter dan 13,1 persen akan menuliskan sesuatu di blog.

Sebanyak 47,3 npersen menuliskan status atau twit tentang performa pemain atau tim favorit mereka. 42,1 berhubungan dengan iklan, 38,5 menuliskan status atau twit tentang musuh pemain atau tim yang mereka bela dan 30,5 persen tentang iklan favorit mereka yang ada di Piala Dunia 2014.

2. Perangkat Mobile Dan Komputer

Piala Dunia 2014 dalam teknologi dan jejaring sosial

Tentunya tidak mengherankan lagi apabila sebelum atau juga sesudahnya, akan ada komentar bahkan review terkait pertandingan yang ditonton oleh para pengguna jejaring sosial.

Menurut Crowdtap, 58,4 persen banyak orang yang menggunakan smartphone mereka untuk menuliskan sesuatu terkait Piala Dunia 2014. 58,1 persen menggunakan komputer dan 37,5 persen menggunakan tablet.

Khususnya untuk smartphone, selama pertandingan berlangsung baik sesudah atau sebelumnya, para pengguna perangkat mobile akan beraktivitas di Facebook (48,2 persen), Twitter (39,8 persen), mengirimkan pesan SMS (37,4 persen), menggunakan aplikasi chatting (18,3 persen) dan mengirimkan email (18,3 persen).

3. Negara

Piala Dunia 2014 dalam teknologi dan jejaring sosial

Berdasarkan infografis dari Adobe.com/digitalindex yang mengambil data dari Twitter, khusus untuk negara baik yang berlaga atau juga sekadar menjadi penikmat laga di Piala Dunia 2014 Brasil, Jepang adalah negara dengan penduduk yang sangat sering membicarakan tentang Piala Dunia 2014 (37 persen). Di urutan kedua adalah Inggris (11 persen) dan urutan ketiga adalah Brasil dengan perolehan sebanyak 9 persen.

Dari infografis tersebut, ada 10 negara yang penduduknya sering membicarakan hal-hal berkaitan dengan Piala Dunia 2014. Uniknya, dari ke-10 negara tersebut, 9 negara adalah kontestan pertandingan tersebut dan Indonesia hanyalah negara satu-satunya (berdasarkan infografis tersebut) yang tidak ikut berlaga namun penduduk di dalamnya sering men-twit kan sesuatu yang berhubungan dengan Piala Dunia 2014.

4. Facebook, Twitter, Instagram

Piala Dunia 2014 dalam teknologi dan jejaring sosial

Menurut data grafis yang dibuat oleh Offerpop, diprediksikan bahwa sekitar 500 juta orang dari 1,28 miliar pengguna Facebook adalah pecinta olahraga sepakbola. Dan, 62 persen dari mereka selalu mengakses jejaring sosial itu setiap harinya.

Sedangkan di Twitter, dihitung mulai tanggal 10 Mei sampai 09 Juni, ada peningkatan yang cukup tajam dari jumlah total twit yang berlalulalang di Twitter dengan bahasan seputar Piala Dunia. Dimulai dari 86,207 pada tanggal 10 Mei, menjadi 584,892 pada tanggal 09 Juni.

Di Instagram, hanya dalam 5 hari saja ketika Piala Dunia 2014 dibuka, ada 236,863 foto atau postingan dengan beberapa hashtag populer, antara lain, #FifaWorldCUp2014, #Brazil2014, #FifaWorldCup dan #WorldCup.

5. Jaringan Dan Internet

Piala Dunia 2014 dalam teknologi dan jejaring sosial

Menurut infografis yang dibuat oleh Open Stand, secara global, para pecinta bola sekaligus yang menonton pertandingan demi pertandingan di Piala Dunia 2014, rata-rata menggunakan Wi-Fi (IEEE 802,11), jaringan 2G, 3G dan 4G, untuk berbagi video, gambar atau juga dipergunakan untuk update status.

Dibandingkan dengan pagelaran Piala Dunia 2006 yang data trafiknya diperkirakan mencapai 30GB, maka di Piala Dunia 2014 ini, data trafik tersebut diperkirakan akan mencapai 12,6TB.

 

 

Sumber : merdeka.com/piala-dunia/piala-dunia-2014-dalam-teknologi-dan-jejaring-sosial/jaringan-dan-internet
Advertisements

About Guru Komputer

Partnering with you for a better world of work

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

facebook twitter google plus

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 1,354 other followers

%d bloggers like this: