7 Hal Keren yang Ada di Android Versi 4.4, KitKat

Setelah Jelly Bean, Google rupanya telah menyiapkan versi terbaru Android. Pertama kali akan didapatkan di Nexus 5, ternyata Android versi 4.4 yang memiliki kode nama KitKat ini mengusung sejumlah perubahan yang cukup signifikan. Jadi peningkatan sistem operasi dari Google ini tidak hanya sekedar perubahan angka dan penamaannya saja.

1. Bisa digunakan di ponsel kelas bawah
Update yang dilakukan selama ini biasanya harus dibarengi spesifikasi hardware lebih baik sehingga sering hanya terbatas didapatkan smartphone kelas premium saja. Namun, kini Google mencoba merubah paradigma tersebut dengan perbaikan pada sistem operasi terbarunya ini. Menurut Google, Android 4.4 akan dapat dijalankan bahkan pada smartphone dengan spesifikasi rendah, bahkan Google mengklaim bahwa KitKat akan dapat berjalan pada smartphone yang hanya memiliki RAM sebesar 512 MB. Hal ini tentunya merupakan kabar baik bagi pengguna smartphone lama yang ingin mencicipi sistem operasi terbaru Google ini.

contact (1)

2. Fungsi telepon lebih pintar
Ada beberapa perubahan dan tambahan fitur untuk kontak dan dialer di Android versi 4.4. Kini halaman kontak dan dialer memiliki kotak pencariannya sendiri. Menariknya, kotak tersebut tidak hanya dapat digunakan untuk mencari kontak yang diinginkan, tapi untuk mencari informasi apa pun yang ada ada di mesin pencarian Google. Contoh, pengguna dapat mengetikan kata kopi pada kotak pencarian, maka akan terlihat lokasi-lokasi penjual kopi dan tempat-tempat minum kopi yang ada di sekitar pengguna lengkap dengan nomor kontaknya.

Tak berhenti sampai di situ, jika pengguna menerima panggilan dari perusahaan atau toko lokal di sekitarnya, maka Google akan mencari nama dan gambar yang mendekati atau relevan dengan usaha tersebut untuk kemudian ditampilkan pada layar. Jadi kini pengguna dapat langsung mengetahui dari mana panggilan tersebut berasal bahkan tanpa menyimpan kontaknya terlebih dahulu. Hal yang pertama melintas di pikiran saya adalah apakah fitur ini akan berfungsi jika ada telepon dari bank yang menawarkan berbagai produknya nyaris setiap hari. Kalau fitur ini bisa mengidentifikasi telpon dari telemarketer yang kadang mengganggu, bisa dipastikan konsumen di perkotaan akan menyambutnya dengan gembira.

caller-id

3. Google Now! lebih mudah diakses
Pada KitKat, Google juga menghadirkan sedikit perubahan untuk Google Now. Jika pada versi Android sebelumnya Google Now dapat diakses dengan gerakan menggeser dari bawah atau dengan menekan tombol kapasitif, kini Google Now dapat diakses dengan menggeser ke halaman paling kiri dari Home Screen.

Anda juga dapat mengaktifkan Google Now! dengan perintah suara “OK,Google”. Menurut Google, perintah suara Google Now akan dapat digunakan di semua smartphone yang dilengkapi prosesor Qualcomm Snapdragon 800.

google-now

4. Saatnya Hangout!!
Perubahan besar terjadi di aplikasi Messaging atau SMS. Pada Android 4.4, fungsi SMS, MMS, hingga panggilan video telah dilebur ke dalam aplikasi Hangout. Dengan begitu, Anda dapat melihat chat Google Hangout dan SMS yang keluar masuk dalam satu aplikasi. Ini menjadikannya lebih praktis, jika Anda aktif menggunakan Google Hangout.

Bagi yang suka memakai emoticon atau Emoji saat chatting, keyboard KitKat kini sudah memuat Emoji terintegrasi. Jadi Anda bisa mengirim berbagai emoticon lucu kepada teman atau pacar Anda tanpa harus memasang aplikasi terpisah.

smshangout

5. Performa multitasking lebih baik
Google mengklaim bahwa kinerja multitasking di KitKat akan lebih cepat. Dengan mengoptimalkan penggunaan memori, Anda akan dapat membuka lebih banyak aplikasi di KitKat. Respons layar sentuhnya juga ditingkatkan sehingga Anda tidak akan terlalu sering salah pencet.

6. Immersive mode yang baru
Secara singkat, KitKat akan menampilkan wallpaper hingga memenuhi layar. Konsep ini juga dilakukan saat menampilkan aplikasi e-book dan game. Dengan “immersive mode”, ponsel akan secara otomatis menyembunyikan status bar dan tombol navigasi.

7. Dukungan pencetakan lebih baik
Dengan KitKat, pengguna dapat mencetak foto, dokumen, serta laman web langsung dari ponsel atau tabletnya. Anda dapat mencetak ke printer mana pun yang terhubung ke Google Cloud Print dan ke printer yang memiliki aplikasinya di Google Play Store. Jadi tidak perlu memindahkan file ke komputer hanya untuk mencetak, dengan catatan jika printer Anda masuk dalam kriteria di atas.

Selain 7 perubahan dan fitur baru tersebut di atas, Android versi 4.4 masih menyimpan banyak fitur dan perubahan menarik lainnya. Contohnya seperti dukungan pedometer, panel home screen yang tidak terbatas, integrasi Quickoffice yang memudahkan penyimpanan dan pembukaan dokumen, aplikasi Email dengan desain baru, modus fotografi HDR+, dukungan untuk infrared, pemutaran audio dengan konsumsi daya lebih rendah, pencarian musik dan film dari lock screen, dan masih banyak lagi.

Untuk sementara ini, Android versi 4.4 masih terbatas di perangkat Nexus 5. Namun update untuk smartphone lain dari Google seperti Nexus 4, Nexus 7, dan Nexus 10 akan segera diluncurkan, disusul dengan update untuk Samsung Galaxy S4 dan HTC One Google Play Edition. Untuk update KitKat di perangkat Anda, silakan tunggu atau tanyakan pada merek masing-masing.

Sumber: http://id.berita.yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *