Pertimbangkan Ini Ketika Memilih Kampus

MWN8nrTads

JAKARTA – Pelajar kelas XII enggak cuma harus fokus belajar. Mumpung masih awal tahun ajaran, yuk bersiap juga memilih kampus untuk kuliah nanti.

Urusan pilih-memilih kampus memang gampang-gampang susah. Kita bisa saja enggak fokus karena banyak yang memberi saran; orangtua, saudara, teman, ataupun guru. Belum lagi pertimbangan lain seperti enggak mau jauh dari teman dekat atau, ehm, si pacar.

Sebelum makin enggak fokus, sebaiknya kamu mencari tahu dulu, apa yang sebenarnya penting untukmu. Baru deh, ambil keputusan.

Masih bingung juga? Enggak usah kuatir, Kampus Okezone punya panduannya untukmu. Yuk simak daftar Hal Penting dan Nggak Penting dalam Memilih Kampus.

Tidak penting: Jarak kampus dari kampung halaman
Penting: Kota tempat kampus idaman berada

Karena terbiasa nyaman dengan rumah dan masakan ibunda, jarak pun menjadi pertimbangan utama dalam memilih kampus. Kita harus realistis dalam menentukan pilihan ini.

Pertimbangkan bagaimana akses transportasi ke kampus dan bujet yang dibutuhkan untuk kuliah di sana. Setelah sekian lama, kamu tidak akan lagi terpaku pada betapa jauhnya jarak kampus dengan kampung halaman. Bisa jadi, kamu juga enggak akan terlalu sering pulang. Kamu pun akan bisa menikmati dan mengeksplorasi kota baru yang kini ditinggali. Demikian dilansir Huffington Post,Minggu (15/9/2013).

Tidak penting: Tempat hiburan
Penting: Akses ke aktivitas yang kamu minati

Ketimbang fokus pada acara-acara atau tempat hiburan yang bisa kamu datangi saat kuliah, mengapa tidak mencari tahu bagaimana akses ke aktivitas yang memang kamu minati? Misalnya, cari tahu kolam renang atau tempat fitnes terdekat jika kamu hobi berolahraga. Cari tahu bioskop dekat kampus yang menampilkan film-film bagus tapi dengan harga tiket terjangkau, dsb.

Tidak penting: Berapa biaya yang perlu dikeluarkan
Penting: Apakah kampus pilihan terjangkau dan tepat untukmu

Pastikan kamu memilih dan masuk ke kampus yang benar-benar kamu minati. Dengan begitu, setiap sen yang kamu keluarkan akan sangat berguna. Jangan sampai kamu mengeluarkan banyak uang tapi menjalani perkuliahan setengah hati, bahkan membenci kampusmu.

Tidak penting: Alumni terkenal
Penting: Koneksi ke dunia kerja dan kesempatan magang

Lebih penting memilih kampus yang bisa memberikan kita networking ke dunia kerja dan kesempatan magang ketimbang hanya membanggakan alumninya yang terkenal.

Tidak penting: Fasilitas terbaru dan tercanggih
Penting: Dosen yang peduli dengan apa yang mereka kerjakan

Memang sih, fasilitas paling baru dan paling canggih membuat kampus kita terlihat paling keren. Tapi, percaya deh, pada akhirnya itu semua akan terlihat biasa.

Lebih baik kita memilih kampus yang diajar oleh para dosen yang peduli pada mahasiswanya, mudah diajak berkomunikasi dan memiliki passion pada apa yang mereka ajarkan.

Tidak penting: Jurusan terbaik di dunia
Penting: Variasi jurusan dan aktivitas akademik pendukung

Memilih kampus berdasarkan jurusan incaran memang enggak salah. Tapi bagaimana jika kamu tiba-tiba ingin pindah jurusan?

Selain itu, pastikan kamu memilih kampus yang memiliki beragam jurusan dan kegiatan akademik pendukung. Misalnya kamu memilih jurusan broadcasting. Cari tahu apakah kampus idamanmu memiliki radio kampus tempat kamu bisa mempraktikkan ilmu di kelas?

Tidak penting: Berapa orang yang kita kenal di sana
Penting: Mahasiswanya terlihat bahagia

Banyak di antara kita ingin pergi kuliah di kampus yang sama dengan geng teman dekat. Lainnya enggak ingin dilihat sebagai orang yang sendirian ketika mereka melangkahkan kaki ke kampus untuk pertama kali. Ingatlah, yang penting adalah bagaimana kamu bisa bergabung dan terlibat dalam budaya kampus serta ikut merasakan kebahagiaan seperti yang dirasakan orang lain di sana.

Tidak penting: Reputasi sekolah
Penting: Apakah itu tempat yang tepat untukmu?

Tapi ini bukan berarti kita asal memilih kampus, ya. Apalagi yang tidak terakreditasi. Intinya, jangan terjebak pada stereotipe yang melekat pada suatu kampus dan membuatmu mengurungkan niat memilih kampus tersebut. Fokuslah untuk memilih kampus yang tepat untukmu.

Sumber: http://kampus.okezone.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *