Dibanding Google, Bing Lebih Pintar Cari Gambar

bingKOMPAS.com – Setahun lalu, Microsoft meluncurkan tampilan baru untuk fitur pencarian gambar (image search) mesin pencari Bing miliknya.

Tapi tampilan bukan satu-satunya yang diubah. Seperti dikutip dari Ubergizmo, menurut penjelasan dalam sebuah blog Microsoft, raksasa software ini ternyata juga menerapkan sejumlah optimalisasi untuk proses pencarian Bing.

Bing pun kemudian disebut bisa menampilkan hasil pencarian gambar yang lebih baik atau lebih relevan dengan tujuan pengguna dibanding Google.

Salah satu contohnya diberikan oleh Microsoft pada perbandingan hasil pencarian gambar “Pangeran Albert dari Monaco” antara Bing dan Google di bawah ini.

Microsoft
Perbandingan hasil pencarian gambar Bing (atas) dan Google

Apa bedanya hasil pencarian gambar dari dua search engine di atas? Microsoft mengklaim bahwa Bing mampu “memahami” bahwa dalam kasus ini pengguna berusaha mencari gambar pangeran saja, maka Bing hanya menjadikan gambar pangeran Albert tanpa kehadiran orang lain.

Sementara, Google juga memasukkan gambar sang pangeran dalam pernikahannya, mungkin karena gambar-gambar tersebut adalah yang paling populer berdasarkan link yang terhubung atau jumlah publikasi. Ini membuat hasil pencarian gambar Google menjadi kurang relevan.

Microsoft menamakan kemampuan ini “entity understanding” yang mampu membedakan apakah pengguna sedang berusaha mencari orang, tempat, atau sesuatu yang lain.

Sejumlah kemampuan lain juga dilibatkan dalam optimalisasi pencarian Bing, seperti Big Data, penyaringan gambar yang sama (duplikat), dan pengutamaan gambar berkualitas tinggi.

Tentu, “lebih relevan” di sini tergantung apa yang sebenarnya dipikirkan oleh pengguna, yang belum tentu sesuai dengan “pemahaman” Bing. Tapi tak ada salahnya dicoba, sekadar untuk mencari alternatif baru. Siapa tahu hasil pencariannya memang lebih cocok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *