Jadi Guru Harus Cerdas!

BCBge5PNkz

SOLO – Guru besar pendidikan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof Dr. Furqon Hidayatullah, M.Pd menyatakan bahwa guru atau semua unsur pendidikan harus memiliki target pendidikan.

“Target pendidikan ada dua. Satu membentuk manusia berakhlak atau berkarakter, siapa pun lulusannya. Kedua, membentuk atau membangun manusia pembelajar,” jelas Furqon kepada wartawan saat membahas guru ideal, di Kampus UNS, Solo, Selasa (9/7/2013).

Oleh karena itu, kata Furqon yang juga menjabat Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS, seorang guru harus memiliki karakter kuat dan cerdas. Karakter kuat dan cerdas berimplikasi bahwa guru atau semua unsur pendidikan harus memiliki target pendidikan.

Untuk itu, Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang ada harus mencari input yang terbaik. Saat ini ini belum terlambat, menurutnya, masih ada peluang luas memilih yang terbaik dari anggota masyarakat yang ada untuk menjadikan guru yang berkarakter dan cerdas.

“Hanya sekarang ini perlu ada penguatan kelembagaannya, karena jumlah LPTK sekarang ini sudah banyak sekali. LPTK harus diperbaiki kualitasnya,” tandasnya.

Berdasarkan pengalaman, kata Furqon, mereka yang lulus rangking 1 hingga 10 di LPTK yang berkualitas, dijamin bisa diterima sebagai guru, dengan catatan rekruitmen dilakukan secara fair. Karena lulusan itu memiliki kemampuan adaptable.

Sumber: http://kampus.okezone.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *