»
Anda Sedang Membaca...
Berita

Guru Harus S2 Harusnya Dibiayai Pemerintah

KKe1Q7mHzD

Guru saat berkumpul di Kongres Guru Nasional.

JAKARTA - Dalam Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2005 disebutkan “Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat  pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional (Pasal 8).

Kualifikasi akademik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 diperoleh melalui pendidikan tinggi program sarjana atau program diploma empat (Pasal 9). Sementara mengenai sertifikat guru disebutkan dalam Pasal 11 UU Nomor 14/2005 itu, bahwa sertifikat pendidik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 diberikan kepada guru yang telah memenuhi persyaratan.

Pengamat Pendidikan Soedijarto mengatakan bahwa jenjang pendidikan guru untuk memenuhi kualifikasinya yaitu minimal S-1, semuanya harus ditanggung oleh pemerintah.

Guru yang di bawah S-1 supaya dididik menjadi ke jenjang yang lebih tinggi yaitu S-1 itu dibiayai oleh pemerintah untuk melanjutkannya,” ujarnya saat dihubungi Okezone, Minggu (14/7/2013).

Kemudian, menurut dia, kualifikasi guru tersebut sudah ditetapkan melalui UUD Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen.

“Berdasarkan UUD Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen, kualifikasi guru itu mulai dari pendidikan jenjang S-1 kemudian praktek dan mengajar jadi asisten guru sebelum mengajar menjadi guru,” imbuhnya.

Sumber: http://kampus.okezone.com

About these ads

About Guru Komputer

Partnering with you for a better world of work

Discussion

One thought on “Guru Harus S2 Harusnya Dibiayai Pemerintah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

facebook twitter google plus

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 1,200 other followers

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,200 other followers

%d bloggers like this: