Apple-1, Komputer Pertama Apple Dilelang

172485_620
Sejumlah koleksi komputer Macintosh dari produk Apple di pamerkan di Universitas Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang, Banten, (15/3). Pameran ini bertujuan untuk memperkenal produk apple dari tahun 1980 hingga saat ini.

TEMPO.COJakarta – Apple-1, alias komputer pertama bikinan Apple, dilelang oleh balai lelang Christie. Lelang ini dilakukan secara online pada 24 Juni-9 Juli 2013 dalam ajang First Bytes: Iconic Technology from the Twentieth Century. Komputer yang dibikin oleh duo pendiri Apple, Steve Jobs dan Steve Wozniak, ini diharapkan akan laku antara US$ 300 ribu-US$ 500 ribu atau sekitar Rp 3 miliar-Rp 5 miliar. Padahal, saat diluncurkan, komputer jadul ini dulu hanya dibanderol US$ 666,66.

Saat awal dijual pada 1976, komputer ini tanpa dilengkapi papan ketik dan layar monitor, seperti komputer jaman sekarang. Pembeli hanya mendapat motherboard saja. Namun, dalam paket lelang ini, komputer yang dimiliki Ted Perry ini sudah dilengkapi monitor dan papan ketik.

Bulan ini, ada sekitar 200 unit Apple-1 yang dilelang oleh Christie. Rata-rata harga patokan awalnya US$ 300 ribu. Diperkirakan masih ada sekitar 200 unit Apple-1 yang ada di tangan konsumen lain.

Sedangkan Apple-1 yang dimiliki Perry ini diduga adalah salah satu dari 25 unit yang dirakit sendiri oleh Steve Wozniak. Apple-1 ini diperkirakan akan laku hingga US$ 500 ribu atau sekitar Rp 5 miliar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *