Video Game Tidak Selalu Berdampak Negatif

Basf6nxdOn

SAN FRANCISCO – Video game tidak selalu membawa dampak negatif bagi anak. Tim peneliti mengemukakan ada banyak dampak positif bermain video game salah satunya dapat membantu menjaga fungsi otak.

Sudah banyak peneliti yang mengatakan bahwa bermain video game dapat mengarahkan ke berbagai dampak positif baik fisik maupun psikis.

“Game memiliki dampak positif, terutama dengan fungsi psikis,” ujar pimpinan tim peneliti North Carolina State University’s Gains Through Gaming Lab, Jason Allaire, dikutip BangkokPost, Minggu (17/3/2013).

Ia menemukan dalam studi terbarunya bahwa orang yang suka bermain video game menunjukkan tingkat kesejahteraan emosional yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak suka bermain game.

“Perilaku agresif yang ditimbulkan bukan karena dari isi game itu sendiri, tetapi lebih kepada cara seseorang memainkannya secaranya berlebihan dan terus-menerus,” lanjutnya.

Peneliti asal University of Michigan Games for Entertainment and Learning Lab, Carrie Heeter, juga membenarkan apa yang dikatakan Allaire yaitu salah satu dampak positif bermain video game, pemain akan belajar mengenai kesadaran dan taktik.

Dalam sebuah studi lainnya pada 2004, tim ahli bedah yang bermain video game akan memiliki tingkat fokus dan koordinasi yang lebih baik sehingga kemungkinannya tipis untuk berbuat kesalahan.

Hal ini mendorong para ahli untuk membicarakan peningkatan upaya pemanfaatan kekuatan game dalam sebuah konferensi bulan ini di Game Developers Conference di San Francisco, Amerika Serikat.

Sumber: http://techno.okezone.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *